Rabu, 02 November 2016

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Satu File Ms. Word



Sering kali kita khususnya saya menemukan masalah dalam penomoran halaman ketika membuat makalah. Biasanya kita membuat file yang berbeda untuk membuat format nomor yang berbeda. Kali ini saya akan memberikan cara untuk membuat penomoran halaman yang berbeda dalam satu file.

1.      Buka dokumen atau makalah yang sudah kita buat (Belum diberi nomor). Klik insert kemudian pilih dan klik Page Number kemudian pilih Format Page Numbers. Pada Number format pilih mode (i, ii, iii,…) dan klik OK. Maka formatnya akan menjadi huruf romawi. Klik kembali Insert kemudian pilih dan klik Page Number,  klik Bottom of Page dan pilih Plain Number 2. Sampai di sini semua halaman akan berangka romawi.

2.      Klik di ujung area daftar isi kemudian pilih dan klik Page Layout kemudian pilih dan klik Next Page untuk membuat Section baru.

3.      Klik dua kali di ujung area BAB I untuk memunculkan Header&Footer. Hapus angka romawi yang sebelumnya sudah ada dengan catatan sudah mengklik Link to Previous agar nomor pada halaman sebelumnya tidak ikut terhapus.

4.      Beri nomor dengan mengulangi langkah yang sama seperti pada poin pertama dengan mengubah formatnya terlebih dahulu menjadi angka.
5.      Setiap kali kita ingin mengubah format halaman yang berbeda, kita harus membuat section baru dengan tidak melupakan link to provious. Setelah hal itu dilakukan kita aman untuk mengubah format halamannya sesuai kebutuhan.


Oleh : Rian Nugraha 
 





 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar